Seperti Apa Peluang Bisnis Alat Kesehatan

Rating
5/5

Peluang bisnis alat kesehatan mungkin terdengar asing di telinga kita. Namun siapa sangka, bila dijalankan dengan benar, peluang bisnis ini mampu memberikan keuntungan yang besar. Terutama saat ini pelaku bisnis alat kesehatan tidaklah sebanyak pelaku bisnis di bidang lainnya seperti fashion dan kuliner, sehingga kompetisi bisnis dapat diminimalisir. Bila anda tertarik untuk memulai bisnis di bidang alat kesehatan, ada beberapa aspek yang perlu anda perhatikan, sebagai berikut.

Target

Hampir sama dengan peluang bisnis pada umumnya, Peluang bisnis alat kesehatan dapat dijajakan secara online ataupun offline. Karena pengguna alat kesehatan umumnya adalah dokter, masyarakat yang bergelung di bidang kesehatan, hingga mahasiswa kedokteran, maka penjualan alat kesehatan harus mengenai target dengan tepat sasaran. Karena jumlah target yang hanya segelintir, berbeda dengan bisnis di bidang fashion dan kuliner, bisnis di bidang alat kesehatan lebih memerlukan ketelitian dan kecermatan yang ekstra. Karena jika anda tidak dapat menemukan target yang tepat, maka produk yang anda jual tentu tidak akan lalu atau susah untuk dipasarkan.

Lokasi

Alat-alat kesehatan memang dapat diperjual belikan secara online. Namun faktanya, banyak yang harus dijajakan secara langsung dengan mendirikan toko. Hal tersebut karena ada beberapa alat kesehatan yang peredarannya dibatasi dan harus oleh sepengetahuan pemerintah, untuk tidak disalah gunakan. Oleh karena itu transaksi secara langsung lebih sering dilakukan untuk bisnis di bidang alat kesehatan. Setelah menentukan target pasar, maka faktor lokasi juga menjadi faktor penting penentu laku tidaknya produk yang diperdagangkan. Pilih lokasi toko yang dekat dengan rumah sakit, klinik, puskesmas, atau fakultas Kedokteran di beberapa universitas ternama. Instansi-instansi tersebut lebih sering membutuhkan pasokan alat kesehatan secara berkala, sehingga bila toko anda berlokasi dekat dengan instansi kesehatan tersebut, maka anda akan dapat meraup keuntungan yang lebih.

Izin perdagangan alat kesehatan

Berbeda dengan penjualan produk kuliner dan fashion, sebelum menggeluti bisnis di bidang alat kesehatan, anda perlu mengantongi ijin perdanganan alat kesehatan yang bisa didapat dari Dinas Kesehatan terdekat. Ijin ini amat penting untuk memantau jenis alat kesehatan apa saja yang dijual, dan siapa saja yang menjadi pembeli alat-alat tersebut. Bila anda tidak memiliki ijin dari Dinas Kesehatan, besar kemungkinan toko alat kesehatan anda akan ditutup paksa oleh apparat setempat, dan pemilik toko dituduh memperdagangkan alat kesehatan secara illegal. Tentu anda tidak ingin hal ini terjadi bukan.

Jenis produk yang lengkap

Faktanya, banyak penyedia alat kesehatan yang tidak menjual produk dengan lengkap. Sehingga, banyak instansi kesehatan yang kesulitan menemukan beberapa alat yang dimaksud. Untuk itu, amat penting bagi anda untuk melakukan survey pasar terhadap kebutuhan alat kesehatan di kalangan instansi kesehatan, lalu menyediakannya di toko anda.

Selain Peluang bisnis alat kesehatan masih terbilang tinggi dengan keuntungan yang lumayan besar, jangan lupa untuk memperhatikan faktor-faktor diatas. Selain itu, carilah produsen alat kesehatan yang menyediakan alat kesehatan berkualitas, namun dengan harga terjangkau.

Dian Hadi Saputra

Dian Hadi Saputra

Majulah tanpa menjatuhkan, Berkembanglah tanpa menggeser !

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Office

  • Ds. Mandesan RT.04/01
  • Kec: Selopuro - Kab: Blitar - Jatim
  • 0858-8995-4111
  • mandhez@gmail.com