Perbedaan Seminar, Webinar, Workshop

mandhez

Perbedaan Seminar, Webinar, Workshop

Hallo sobat kreasik, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), seminar adalah pertemuan atau sidang untuk membahas suatu masalah di bawah pimpinan seorang ahli Perbedaan Seminar, Webinar, Workshop – Dalam dunia kerja mungkin anda sering mendengar kata dari Seminar, Workshop, webinar. Sebagian besar dari anda mendengar kata-kata itu dengan undangan. Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan Seminar, Workshop, Bimbingan Teknis, Diklat (Pendidikan dan Diklat), dan Sosialisasi.

Peningkatan kapasitas Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan syarat mutlak dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan publik oleh pemerintah daerah. Perubahan Kebijakan Pemerintah yang berdampak pada perubahan Peraturan Perundang-undangan menuntut Pemerintah Daerah untuk segera melaksanakan perubahan tersebut, baik dari segi teknis maupun administratif.  

Namun sayangnya, sebagian besar peraturan dan undang-undang seringkali tidak memberikan rincian lebih lanjut mengenai implementasinya. Oleh karena itu, pemerintah daerah diberikan keleluasaan untuk mengembangkan kapasitas aparaturnya.

Melalui seminar, lokakarya, bimbingan teknis, pelatihan dan sosialisasi, baik yang dilakukan oleh instansi pemerintah maupun swasta. Pada kesempatan kali ini kami akan bahas Perbedaan Seminar, Webinar, Workshop, Bimbingan Teknis, Diklat dan Sosialisasi yang telah saya rangkum dari berbagai sumber.

SEMINAR

 (Profesor, Pakar, dan sebagainya). Pengertian seminar yang lebih umum adalah suatu bentuk pengajaran yang diberikan secara khusus untuk membahas suatu topik tertentu yang dapat dilakukan oleh suatu lembaga profesi atau oleh organisasi komersial lainnya.

Kegiatan seminar dilaksanakan seperti perkuliahan bagi para pesertanya yang pada umumnya seminar dilaksanakan untuk menerapkan sistem pengajaran akademik. Dalam sebuah seminar pada umumnya akan dibahas suatu topik tertentu dimana para peserta dapat berpartisipasi secara aktif dalam diskusi tersebut.

Pada umumnya peserta seminar bukanlah orang yang baru mengenal topik yang sedang dibahas, tetapi mereka adalah orang-orang yang sudah familiar atau paling tidak mengenal dengan baik topik yang akan dibahas dalam seminar tersebut.

Hal ini akan memudahkan terciptanya dialog antara peserta seminar dengan pembicara yang dibawakan oleh panitia penyelenggara. Salah satu contoh seminar adalah seminar perpajakan, dimana seminar tersebut diadakan untuk memperkenalkan atau menjelaskan perubahan peraturan perpajakan.

LOKAKARYA

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), lokakarya adalah pertemuan antara para ahli (ahli) untuk membahas masalah-masalah praktis atau yang berkaitan dengan implementasi di bidang keahliannya. Pengertian yang lebih umum dari lokakarya adalah suatu acara atau pertemuan yang diadakan oleh para ahli di bidang tertentu dengan tujuan untuk membahas suatu masalah yang berkaitan dengan keahliannya, serta untuk mencari solusi dari masalah tersebut.

Pengertian lokalarya dapat diartikan sebagai pertemuan ilmiah kecil-kecilan yang dilakukan oleh beberapa ahli dalam bidang tertentu, dimana kegiatan ini dapat dilakukan sebagai kegiatan rutin dalam jangka waktu tertentu. Contoh workshop adalah workshop yang dilakukan oleh seorang guru yang membahas masalah penanganan kenakalan pada anak sekolah.

WORKSHOP

Kata WORKSHOP berasal dari bahasa Inggris yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti bengkel. Pengertian workshop adalah suatu kegiatan atau acara yang dilaksanakan, dimana beberapa orang yang memiliki keahlian di bidang tertentu berkumpul untuk membahas masalah tertentu dan mengajar para pesertanya.

WORKSHOP merupakan sebagai latihan dimana peserta yang bekerja secara individu atau kelompok supaya dapat menyelesaikan pekerjaan yang berhubungan dengan tugas agar anda mendapatkan pengalaman. Singkatnya, workshop adalah kombinasi teori dan praktik.

Dalam WORKSHOP, sekelompok orang yang memiliki minat atau perhatian dan keahlian yang sama dalam bidang tertentu berkumpul, di mana mereka akan berkumpul di bawah arahan beberapa ahli untuk mengeksplorasi satu atau lebih aspek tertentu dari suatu pembahasan masalah. Contoh workshop adalah workshop yang dilakukan oleh suatu organisasi/lembaga/instansi untuk meningkatkan akreditasi badan usaha.

Memahami Webinar

Webinar adalah singkatan dari web seminar. Artinya seminar dilakukan melalui website atau aplikasi berbasis internet. Karena melalui aplikasi atau website berbasis internet, Anda harus memiliki laptop, komputer, atau smartphone yang bisa terkoneksi dengan jaringan.

Seminar web atau seminar online memungkinkan pembicara untuk berbagi materi melalui internet atau media elektronik lainnya. Bagi pelaku bisnis, webinar sering kali dijadikan strategi pemasaran digital yang segar dan efektif karena dapat menjangkau audiens secara lebih dekat melalui komunikasi personal dan interaktif.

Manfaat Webinar untuk Pemilik Bisnis

Mengetahui apa itu seminar web mungkin tidak cukup meyakinkan Anda untuk menggunakan metode ini sebagai strategi pemasaran. Jika Anda seorang marketer yang ingin menjaring lead atau mempromosikan produk tertentu, maka ini adalah langkah tepat yang bisa Anda lakukan. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

Kumpulkan petunjuk

Sama seperti pemasaran email, webinar juga dapat digunakan untuk mengumpulkan nama dan alamat email calon pelanggan. Anda bisa mendapatkan lead atau informasi kontak dari orang-orang yang tertarik dengan penawaran yang disajikan di dalamnya. Oleh karena itu, untuk mendapatkan calon pelanggan yang tepat dari peserta webinar, perhatikan pemilihan topik. Pastikan topiknya menarik dan sesuai dengan produk yang Anda tawarkan.

Media promosi dan kampanye

Dari definisi webinar, kemungkinan besar Anda bisa menebak bahwa salah satu manfaatnya adalah memberikan informasi mengenai peluncuran produk atau campaign terbaru yang sedang dijalankan. Webinar dapat digunakan sebagai media untuk menarik dan menarik promosi produk. Oleh karena itu, sebisa mungkin kemaslah promosi dan kampanye tersebut dalam materi yang berkualitas.

Bantu kumpulkan umpan balik

Melalui webinar, Anda juga dapat mengumpulkan umpan balik dari pelanggan atau calon pelanggan Anda. Selain itu, jika Anda membutuhkan ide, inovasi, atau cara baru untuk menjalankan operasi bisnis, maka Anda juga dapat menggunakan media ini. Semua data ini nantinya bisa Anda olah kembali untuk dijadikan inspirasi atau bahkan strategi untuk mengembangkan produk atau bisnis Anda.

Tampilkan lebih banyak gambar

Melalui webinar, Anda dapat menunjukkan seberapa jauh kemampuan dan kapabilitas Anda sebagai individu dan atas nama perusahaan. Dengan begitu, Anda dan perusahaan akan terlihat lebih profesional dan ahli di bidangnya. Terlebih lagi, calon pelanggan juga bisa bertemu langsung dengan Anda sehingga memberikan rasa percaya.

Hemat waktu dan biaya promosi

Menyelenggarakan seminar offline membutuhkan biaya yang tidak sedikit, banyak kebutuhan dan perlengkapan yang harus disiapkan. Belum lagi masalah teknis di hari pelaksanaan. Di sisi lain, seminar web yang dilakukan secara online lebih mampu menghemat anggaran dan tenaga.

Anda tidak perlu merogoh kocek lebih dalam untuk menyewa lokasi, membayar peralatan onsite untuk kapasitas besar, atau biaya transportasi. Toh melalui web seminar ini, promosi produk dan bisnis Anda tetap bisa memberikan hasil yang maksimal.

Meningkatkan kesadaran merek

Dengan mengadakan webinar tentunya dapat meningkatkan brand awareness perusahaan. Jadikan ini sebagai media untuk bercerita dan menunjukkan keunggulan bisnis Anda. Anda juga dapat memberikan info dan tips yang berguna bagi pelanggan.

Demikian penjelasan dari saya tentang tujuan public speaking adalah semoga bermanfaat, terimakasih.

Bagikan:

Baca Juga

Leave a Comment