Menilik Peluang Bisnis di Bali

Rating
5/5
Menilik-Peluang-Bisnis-di-Bali

Sebagai kawasan yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan mancanegara, Bali memiliki peluang besar dalam dunia bisnis. Ada banyak peluang bisnis di Bali bila anda tertarik untuk mencoba. Dengan hadirnya banyak turis asing, anda dapat memperkenalkan budaya kita dengan menjual souvenir asli Indonesia, menjual produk-produk fashion, bahkan hingga kuliner. Namun perlu anda ketahui bahwa hingga saat ini, sudah banyak penduduk lokal yang menjual produk serupa diatas, dan bahkan memiliki pelanggan yang tetap. Untuk memulai bisnis di Pulau Dewata tersebut, tentu ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan baik-baik.

Survey Pasar

Karena banyaknya peluang bisnis di Bali, maka tak heran bila banyak penduduk lokal yang mencoba peruntungan berbisnis disana. Dengan melakukan survey pasar, anda dapat menganalisa jenis bisnis apa yang saat ini tengah digandrungi oleh pelaku bisnis di Bali. Misalnya bisa jenis bisnis yang tengah melejit adalah bisnis kuliner, maka coba tentukan satu jenis kuliner yang paling disukai oleh wisatawan asing maupun domestik. Secara konsep, sebagai pelaku bisnis, anda diperbolehkan untuk meniru konsep yang sudah ada dari toko lainnya. Namun, untuk memberi kesan yang berbeda, anda harus berinovasi terhadap produk yang ada, sehingga produk yang anda jual adalah unik, dan bahkan tidak ada yang menyainginya. Keunikan yang inovatif dari produk anda akan dapat menarik konsumer secara cepat.

Perhitungkan Modal

Banyaknya pelaku bisnis di Bali, tentu membuat harga sewa toko disana relatif mahal. Oleh karenanya, anda perlu memperhitungkan modal secara baik-baik, mulai dari harga sewa toko, modal untuk membeli perabotan toko, modal pembutan atau supply produk yang anda jual, dan lain sebagainya. Pastikan modal anda mencukupi untuk menutupi semua kebutuhan awal tersebut.

Perhitungkan Resiko

Bali sudah menjadi tempat populer di kalangan pebisnis, sehingga resiko utama berbisnis di Bali adalah ketatnya kompetisi pasar. Terutama bagi pebisnis pemula, akan susah untuk mendapatkan pasar dibandingkan dengan pebisnis yang sudah menetap hingga puluhan tahun. Kunci utama dalam menghadapi kompetisi pasar adalah dengan menyediakan produk unik dan lain daripada produk yang sudah ada. Selain itu, pastikan produk yang anda jual disenangi dan banyak dicari oleh para konsumen.

Bila anda sudah melakukan semua persiapan diatas secara matang, anda dapat memulai membuka bisnis di Bali. Peluang bisnis di Bali memang sangat menggiurkan dan membawa pada persaingan pasar yang ketat. Kenali baik-baik produk yang anda jual, dan pastikan bahwa produk yang anda jual adalah produk yang banyak dicari oleh konsumer. Anda boleh saja menjual produk yang saat ini tengah populer, namun ketahuilah bahwa mungkin banyak kompetitor anda yang berbisnis di bidang yang sama. Kompetitor memang hal umum yang terjadi di dunia bisnis, namun bila produk anda unggul dari produk yang dijual oleh kompetitor anda, maka konsumer tentu akan memilih produk anda dibandingkan produk lainnya.

Bila anda hendak memulai bisnis di Bali, perhitungkan baik-baik semua modal dan resiko yang akan terjadi, termasuk kerugian di awal bisnis. Kerugian di awal bisnis adalah hal wajar yang banyak dialami oleh pebisnis sukses saat ini. Untuk mengurangi resiko kerugian, pastikan anda memiliki tabungan yang cukup sebagai modal untuk menutupi kekurangan tersebut.

Dian Hadi Saputra

Dian Hadi Saputra

Majulah tanpa menjatuhkan, Berkembanglah tanpa menggeser !

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *