Peluang bisnis asuransi seperti apa ?

Rating
5/5
Peluang Bisnis Asuransi
Peluang Bisnis Asuransi?

Keunggulan

Ada beberapa keunggulan dalam Peluang Bisnis Asuransi. Karena bisnis asuransi merupakan bisnis jangka panjang, tentu akan banyak masyarakat luas yang membutuhkan jasa asuransi ini. Asuransi sendiri jenisnya beragam, mulai dari asuransi kesehatan, pendidikan, ketenaga kerjaan, kendaraan pribadi, dan lain sebagainya. Bila anda bergelut di bidang ini, anda dapat menawarkan beberapa segi positif dari asuransi kepada masyarakat luas. Pertama, setiap orang akan memiliki kebutuhan tak terduga di masa depan, seperti kebutuhan biaya kesehatan dan pendidikan anggota keluarga.

Menabung dari sekarang merupakan cara yang paling efektif untuk pengeluaran besar mendesak di masa depan. Namun bila disimpan pada tabungan biasa, tentu tabungan tersebut dapat diambil sewaktu-waktu dan nilai tabungan untuk kepentingan masa depan menjadi berkurang. Oleh karenanya asuransi bertindak sebagai tabungan khusus pada keperluan tertentu dengan jangka waktu panjang. Keuntungan kedua adalah ketika pemilik asuransi sewaktu-waktu membutuhkan dana dalam jumlah besar, pihak asuransi akan siap membantu mereka.

Keuntungan selanjutnya adalah produk asuransi biasanya menawarkan sistem 2 in 1, atau 2 jenis asuransi sekaligus dengan sekali bayar. Dengan meyakinkan pada konsumer penjelasan diatas, tentu anda dapat memperoleh keuntungan dari jumlah konsumer yang memakai jasa asuransi yang anda tawarkan

Kelemahan

Dalam Peluang Bisnis Asuransi, ada beberapa kelemahan tertentu. Pertama, tidak setiap hari anda akan menemui orang yang membutuhkan jasa asuransi yang anda tawarkan. Kebanyakan adalah mereka yang sudah memiliki asuransi, atau bahkan belum tertarik untuk memiliki asuransi. Kelemahan selanjutnya adalah, asuransi disebut sebagai menggunakan keuntungan (bunga) dan uang investasi yang ditabungkan oleh nasabah tidak diketahui nasabah digunakan untuk apa. Dengan tidak adanya transparansi sistem yang jelas, banyak nasabah yang meragukan investasi dengan asuransi. Namun untuk permasalahan ini, asuransi syariah dinilai sebagai jawaban atas keraguan beberapa masyarakat terhadap kurangnya transparansi sistem asuransi.

Sebagai pihak yang menangani bisnis transparansi, tentu anda harus dengan bijak dalam menangani beberapa kendala yang dihadapi oleh para calon nasabah. Selain itu, untuk mendapatkan nasabah secara cepat, tentu anda harus mencari target yang tepat, seperti masyarakat dari kalangan apa yang sesuai dengan produk asuransi yang anda tawarkan.

Resiko

Ada banyak resiko selain Peluang Bisnis Asuransi. Resiko tersebut antara lain kemungkinan atau ancaman kerusakan, cedera, pertanggungjawaban, kerugian, atau kejadian negatif lainnya yang disebabkan oleh kerentanan eksternal atau internal, dan hal itu dapat dihindari melalui tindakan pencegahan. Selain itu, ada pula resiko dari segi keuangan, dimana probabilitas bahwa pengembalian investasi yang sebenarnya akan lebih rendah dari perkiraan return (pengembalian).

Perusahaan asuransi properti dan kecelakaan menghadapi banyak jenis risiko, yang dikenal sebagai eksposur. Eksposur ada untuk semua jenis asuransi yang disediakan oleh jenis perusahaan asuransi tertentu. Jenis risiko yang paling umum termasuk membayar klaim kecelakaan mobil dan kerusakan badai pada tempat tinggal atau properti.

Dian Hadi Saputra

Dian Hadi Saputra

Majulah tanpa menjatuhkan, Berkembanglah tanpa menggeser !

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SHARE THIS POST

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Office

  • Ds. Mandesan RT.04/01
  • Kec: Selopuro - Kab: Blitar - Jatim
  • 0858-8995-4111
  • mandhez@gmail.com